Abstract :
Orang tua mempunyai pola asuh tersendiri dalam mendidik anak-anaknya, dan ini
mempengaruhi perkembangan anak. Pola asuh orang tua memegang peranan
penting dalam mendidik anak, gambaran sikap dan perilaku orang tua dalam
perkembangan anak, pada lingkungan masyarakat atau sekitarnya mempengaruhi
sikap dan perilaku anak seperti sulit diatur dan pasif. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis hubungan pola asuh dengan perkembangan pada anak
prasekolah.
Desain penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi
dalam penelitian 35 orang tua anak di TK Muliya Kecamatan Krembangan
Surabaya, besar sampel 32 orang tua anak dipilih dengan menggunakan purposive
sampling. Instrumen penelitian kuesioner pola asuh orang tua diukur dengan
Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version (PSDQ) dan
perkembangan diukur dengan KPSP (Kuesioner Perkembangan Skrining
Prasekolah) Analisis data menggunakan Uji Ranks Spearman Rho.
Hasil penelitian menunjukkan orang tua sebagian besar menerapkan pola asuh
demokratis 75,0% dan anak memiliki perkembangan sesuai 68,8%. Uji Ranks
Spearman Rho menunjukkan bahwa nilai ? = 0,000 maka hubungan pola asuh
orang tua dengan perkembangan pada anak usia prasekolah.
Penerapan pola asuh orang tua demokratis memungkinkan anak tidak mengalami
perkembangan yang menyimpang. Pengawasan dan pendampingan orang tua
sangat diperlukan untuk melihat seksama perkembangan anak sesuai atau terjadi
penyimpangan pada anak prasekolah. Sehingga, pada fase usia prasekolah
disarankan untuk mendidik anak menggunakan pola asuh demokratis.
Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Anak, Anak Prasekolah