DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PADA USIA PRA SEKOLAH DI TK MULIYA KECAMATAN KREMBANGAN SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
ULFA, TRIANINGSIH
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2022-09-21 03:42:13 
Abstract :
Orang tua mempunyai pola asuh tersendiri dalam mendidik anak-anaknya, dan ini mempengaruhi perkembangan anak. Pola asuh orang tua memegang peranan penting dalam mendidik anak, gambaran sikap dan perilaku orang tua dalam perkembangan anak, pada lingkungan masyarakat atau sekitarnya mempengaruhi sikap dan perilaku anak seperti sulit diatur dan pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pola asuh dengan perkembangan pada anak prasekolah. Desain penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian 35 orang tua anak di TK Muliya Kecamatan Krembangan Surabaya, besar sampel 32 orang tua anak dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian kuesioner pola asuh orang tua diukur dengan Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version (PSDQ) dan perkembangan diukur dengan KPSP (Kuesioner Perkembangan Skrining Prasekolah) Analisis data menggunakan Uji Ranks Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan orang tua sebagian besar menerapkan pola asuh demokratis 75,0% dan anak memiliki perkembangan sesuai 68,8%. Uji Ranks Spearman Rho menunjukkan bahwa nilai ? = 0,000 maka hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan pada anak usia prasekolah. Penerapan pola asuh orang tua demokratis memungkinkan anak tidak mengalami perkembangan yang menyimpang. Pengawasan dan pendampingan orang tua sangat diperlukan untuk melihat seksama perkembangan anak sesuai atau terjadi penyimpangan pada anak prasekolah. Sehingga, pada fase usia prasekolah disarankan untuk mendidik anak menggunakan pola asuh demokratis. Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Anak, Anak Prasekolah 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah