Abstract :
Study from home (SFH) yang dilakukan pada situasi pandemi Covid-19 ini dapat
berdampak pada masalah psikologis anak seperti stres. Penelitian ini bertujuan
mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat stres pada anak yang
melaksanakan SFH (Study From Home) di SDN Gading IV Surabaya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik korelasi dengan pendekatan
cross sectional. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah probability sampling
dengan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 161 anak usia
sekolah di SDN Gading IV Surabaya, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner.
Analisis data menggunakan uji Spearman Rho dan Chi Square dengan kemaknaan
(? < 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan faktor yang berhubungan dengan tingkat stres anak
yang melaksanakan SFH (Study From Home) adalah usia (? = 0,001, r=0,292),
jenis kelamin (? =0,041, r=0,221), tipe kepribadian (? = 0,002, r=0,287), dan
proses pembelajaran dari rumah (? = 0,001, r=0,559).
Anak yang melaksanakan SFH (Study From Home) memiliki tingkat stres yang
berbeda-beda, hal ini dapat berhubungan dengan usia, jenis kelamin, tipe
kepribadian, dan proses pembelajaran dari rumah. Diharapkan orang tua dapat
membanggun komunikasi yang baik dengan anak, menciptakan suasana yang
menyenangkan, memotivasi dan menyediakan kebutuhan yang diperlukan anak,
serta bersedia menyempatkan waktu dalam mendampingi anak selama
melaksanakan pembelajaran dari rumah.
Kata Kunci : Usia, Jenis Kelamin, Tipe Kepribadian, Proses Pembelajaran
Dari Rumah, Stres