Abstract :
Pencapaian peran ibu yang kurang pada anak usia 1-3 tahun umumnya
disebabkan oleh kurangnya informasi dalam memberikan kebutuhan dasar anak.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh modul belajar tentang maternal role
attainment berbasis intention terhadap pencapaian peran ibu dalam menangani
gangguan perkembangan kognitif pada anak usia 1-3 tahun di Puskesmas Kenjeran
Surabaya.
Desain penelitian Quay-Experiment, dengan rancangan Four group pretest-
postest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling,
didapatkan sampel sebanyak 60 ibu dengan anak usia 1-3 tahun yang mengalami
gangguan perkembangan kognitif dengan dibagi menjadi 4 kelompok. Instrumen
yang digunakan pada variabel independent modul belajar, instrumen pada variabel
dependent kuesioner pencapaian peran ibu. Analisa data menggunakan uji analisis
Wilcoxon dan Mann Whitney.
Hasil penelitian bahwa ada pengaruh modul belajar terhadap pencapaian
peran ibu pada kelompok anak stunting dan tidak stunting. Uji Wilcoxon dengan
nilai p-value=0,001 untuk kedua kelompok tersebut, dan hasil uji Mann Whitney p-
value=0,000 (=0,005).
Modul belajar tentang maternal role attainment berbasis intention efektif
dalam meningkatkan peran ibu yang cenderung cukup dalam melakukan peran
pengasuhan. Oleh karena itu, penting untuk kader kesehatan puskesmas
memperhatikan tema dalam setiap melakukan penyuluhan dan juga media yang
tepat.
Kata Kunci : Modul belajar, maternal role attainment, peran ibu,
gangguan perkembangan kognitif, anak toddler