DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODUL BELAJAR TENTANG MATERNAL ROLE ATTAINMENT BERBASIS INTENTION TERHADAP PENCAPAIAN PERAN IBU DALAM MENANGANI GANGGUAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI PUSKESMAS KENJERAN SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
ARUM, RIZKA NUMFITRI
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2022-09-22 03:33:10 
Abstract :
Pencapaian peran ibu yang kurang pada anak usia 1-3 tahun umumnya disebabkan oleh kurangnya informasi dalam memberikan kebutuhan dasar anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh modul belajar tentang maternal role attainment berbasis intention terhadap pencapaian peran ibu dalam menangani gangguan perkembangan kognitif pada anak usia 1-3 tahun di Puskesmas Kenjeran Surabaya. Desain penelitian Quay-Experiment, dengan rancangan Four group pretest- postest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, didapatkan sampel sebanyak 60 ibu dengan anak usia 1-3 tahun yang mengalami gangguan perkembangan kognitif dengan dibagi menjadi 4 kelompok. Instrumen yang digunakan pada variabel independent modul belajar, instrumen pada variabel dependent kuesioner pencapaian peran ibu. Analisa data menggunakan uji analisis Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian bahwa ada pengaruh modul belajar terhadap pencapaian peran ibu pada kelompok anak stunting dan tidak stunting. Uji Wilcoxon dengan nilai p-value=0,001 untuk kedua kelompok tersebut, dan hasil uji Mann Whitney p- value=0,000 (
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah