Abstract :
Sistem pembelajaran secara daring yang sudah diterapkan mulai bulan Maret
2020 menimbulkan banyak kendala yang dirasakan mahasiswa saat belajar
dengan jarak jauh, seperti kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa
membuat mahasiswa sulit memahami materi yang diberikan, kesulitan
menanyakan materi yang belum paham dan kurangnya konsentrasi saat belajar
dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat
stres dengan tingkat pemahaman selama pembelajaran daring pada mahasiswa di
STIKES Hang Tuah Surabaya
Desain penelitian cross sectional dengan teknik probality sampling pendekatan
simple random sampling. Populasi sebanyak 217 mahasiswa dengan sampel
berjumlah 141 mahasiswa tingkat 2 dan 3 S1 Keperawatan. Instrumen penelitian
menggunakan kuesioner. Analisis data yang dilakukan dengan uji Spearmen Rho
Correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara tingkat stres dengan
tingkat pemahaman ( =0,003) selama pembelajaran daring pada mahasiswa di
STIKES Hang Tuah Surabaya
Implikasi penelitian ini adalah mahasiswa dapat memanajemen tingkat stresnya
dan mempunyai motivasi selama pembelajaran daring sehingga dapat
meningkatkan pemahamannya.
Di perlukan peran serta wali kelas untuk melakukan konseling kepada para
mahasiswa nya untuk meningkatkan pemahaman selama pembelajaran daring.
Kata Kunci: Tingkat Stres, Tingkat Pemahaman, Pembelajaran Daring