Abstract :
Anak dengan Retardasi mental membutuhkan stimulus dan dukungan
orang-orang terdekat terutama orang tua sangat penting untuk mengoptimalkan
kemampuan anak retardasi mental dalam hal mengembangkan personal hygiene.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat retardasi mental anak
dengan Personal Hygiene di Sekolah Dasar Luar Biasa SLB B-C Optimal Kec
Kenjeran Kota Surabaya
Desain penelitian ini cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua anak
retardasi mentalanak retardasi mental berjumlah 42 responden dengan Simple
Random sampling didapatkan sampel sebanyak 29 responden.Variabel
independen adalah tingkat retardasi mental dan variabel dependen adalah
personal hygiene. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, dianalisa data
dengan uji Spearman rank?s.
Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat retardasi mental sebagian besar
responden mengalami mengalami retardasi mental ringan 16 (55,2 %), personal
hygiene sebagian besar responden Baik dalam menjaga personal hygiene
sebanyak
18 (62,1 %) responden. Berdasarkan uji statistik didapatkan dengan nilai P (0,000)
< 0,05), maka H1 diterima.
Ada hubungan tingkat retardasi mental anak dengan personal hygine. Anak
retardasi mental yang status personal hygiene kurang bisa disebabkan oleh
banyaknya orang tua yang tidak terlibat dalam kegiatan anak,tidak melatih anak
dan kurangnya arahan yang diberikan oleh orang tua.
.
Kata Kunci : Retardasi mental, Personal hygiene dan anak SDLB