Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
HERNINDYA, DIAJENG AYU ANGGRAINI
Subject
RT Nursing
Datestamp
2022-09-30 03:23:42
Abstract :
Bullying yang terjadi pada anak usia sekolah saat ini sangat
memprihatinkan bagi dunia pendidikan. Bullying dapat menjadikan korban
menjadi tidak percaya diri dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis hubungan tipe kepribadian dengan perilaku bullying pada
remaja.
Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, dipilih 235 siswa di
salah satu SMP di Sidoarjo dengan cluster sampling Tipe Kepribadian diukur
dengan Free MTBI Personality Test dan Adolescent Peer Relations Instrument
(APRI). Kedua variabel tersebut diuji dengan uji analisis Spearmen Rho.
Hasil menujukkan bahwa sebagian besar tipe kepribadian remaja dalam
kategori extrovert (77,9%) sedangkan sebagian besar perilaku bullying berada
pada kategori ringan (84,8%). Hasil uji Spearman Rho diperoleh nilai r = 0,401
dengan nilai ?=0,000 (?<?= 0,05) artinya terdapat hubungan sedang antara tipe
kepribadian remaja dengan perilaku bullying.
Implikasi peneitian ini menujukkan bahwa semakin tinggi jumlah tipe
kepribadian extrovert maka semakin rendah perilaku bullying siswa SMP.
Diperlukan peran guru serta pihak sekolah untuk memberikan pendidikan
konseling serta pengawasan pada siswa terkait kasus bullying dalam pembentukan
karakter pribadi remaja yang sedang mengalami masa peralihan dan transisi yang
cepat.
Kata Kunci : Tipe Kepribadian, Perilaku Bullying, Remaja.