Abstract :
Prestasi akademik merupakan bukti peningkatan atau pencapaian yang
diperoleh seorang siswa sebagai pernyataan ada tidaknya kemajuan atau
keberhasilan dalam program pendidikan. Pada tingkat perguruan tinggi, penilaian
prestasi akademik dinyatakan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan indeks
prestasi kumulatif mahasiswa reguler tingkat 2, 3, dan 4 di STIKES Hang Tuah
Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analitik
observasional dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen yaitu
konsep diri dan variabel dependen adalah IPK. Sampel diambil dengan teknik
simple random sampling didapatkan 212 responden yaitu mahasiswa keperawatan
Stikes Hang Tuah Surabaya tingkat tingkat 2, 3, dan 4. Pengumpulan data
menggunakan kuisioner melalui google form. Analisis data menggunakan uji
statisitk Spearman Rho dengan tingkat kemaknaan ? ? 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan konsep diri dengan
indeks prestasi mahasiswa tingkat 2, 3, dan 4 di STIKES Hang Tuah Surabaya
(?=0,00), Konsep diri yang ada dalam diri mahasiswa menjadi dasar yang
mempengaruhi mahasiswa untuk meraih prestasi. Sementara itu sebagai
mahasiswa mengharuskan lebih aktif belajar untuk mendapatkan pengetahuan
yang lebih selain dari perkuliahan, dimana salah satu yang mendorong individu
untuk meraih prestasi adalah pengaruh konsep diri positif.
Kunci : Konsep Diri, Indeks Prestasi Kumulatif
Title : The Relationship between Self Concept and Cumulative Achievement
Index of Regular Students Level 2, 3, and 4 at STIKES Hang Tuah
Surabaya.