Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
NELLY, MARLINDA ULVA PRADANI
Subject
RT Nursing
Datestamp
2022-10-28 03:25:30
Abstract :
Terjadinya proses belajar dalam perkulihan membutuhkan konsentrasi. Tanpa
konsentrasi, maka peristiwa belajar itu sesungguhnya tidak ada atau dapat
berlangsung.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya Hubungan
antara Kualitas tidur dan Kejenuhan dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa
Stikes Hang TuahSurabaya.
Penelitian menggunakan desain Observasional Analitik dengan pendekatan cross
sectional. Pengambilan data menggunakan google form. Populasi adalah
mahasiswa S1 dan D3 keperawatan tingkat akhir di Stikes Hang Tuah Surabaya,
jumlah 173 mahasiswa, dengan sampel 121 mahasiswa, menggunakan teknik
Probability Sampling dengan Proportional Startified sampling. Uji menggunakan
Spearman?s Rho.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Sebagian besar mahasiswa Stikes Hang
Tuah Surabaya memiliki kualitas tidur yang buruk sebanyak 113 mahasiswa
(93,4%), mengalami kejenuhan belajar tingkat sedang sebanyak 81 mahasiswa
(66,9%), dan lebih dari separuh responden mengalami konsentrasi belajar buruk
dengan 70 mahasiswa (57,9%). Ada hubungan antara Kualitas tidur dan
Kejenuhan Belajar dengan Konsentrasi belajar mahasiswa S1 dan D3
Keperawatan tingkat akhir Stikes Hang Tuah Surabaya dengan ? value = 0,000 (?
< ?=0,05).
Kesimpulan, dengan hal ini maka mahasiswa dapat memanfaatkan penilitian
sebagai pembelajaran untuk tidur cukup dan memperhatikan dosen saat
matakuliah berlangsung agar mendapatkan konsentrasi belajar yang baik dengan
demikian nilai akademik akan semakin lebih baik. Ada hubungan antara kualitas
tidur dan kejenuhan dengan konsentrasi belajar mahasiswa Stikes Hang Tuah
Surabaya. Mahasiswa dapat memanagemen waktu sebaik mungkin dan dalam
perkuliahan berusaha untuk menyukai mata kuliah tersebut.
Kata kunci : Kualitas tidur, kejenuhan belajar, dan konsentrasi belajar.