Abstract :
Terapi bermain merupakan usaha mengubah tingkah laku bermasalah,
dengan menempatkan anak dalam situasi bermain.Cemas adalah suatu keadaan
patologik yang ditandai oleh perasaan ketakutan disertai tanda somatic pertanda
system saraf otonom yang hiperaktif. Tujuan penelitian menganalisa efektifitas
terapi bermain ?Worried Doll? terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah
dengan hospitalisasi di Ruang AnakRumkitalDr. Ramelan Surabaya.
6
Desain penelitian Quasi Eksperimental dengan pendekatan Non-equivalent
Control Group. Populasi penelitian anak usia pra sekolah yang di rawat di
Rumkital Dr. Ramelan Surabaya jumlah 25 anak. Teknik sampel menggunakan
Probability Sampling dengan Simple Random Samplingsejumlah 24 anak.
Hasil penelitian bahwa terapi bermain worried doll efektif untuk
menurunkan tingkat kecemasan pada anak usia pra sekolah yang mengalami
hospitalisasi. Berdasarkan hasil uji statistik wilcoxonpada kelompok intervensi
didapatkan P Value0,007< 0,05, maka terdapat efektifitas terapi bermain Worried
Doll terhadap tingkat kecemasan anak usia pra sekolah.
Implikasi penelitian ini adalah terapi bermain boneka worried doll efektif
terhadap penurunan kecemasan pada anak usia pra sekolah, sehingga terapi
bermain boneka worried doll dapat diaplikasikan di Ruang Anak Rumkital Dr.
Ramelan Surabaya.
Kata Kunci : Terapi Bermain, Cemas, Anak pra sekolah di Ruang Anak
Rumkital Dr. Ramelan Surabaya.