DETAIL DOCUMENT
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketidakpuasan Ibu Hamil Trimester III Tentang Pelayanan ANC di BPM Ny. “S” Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang.
Total View This Week19
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maharani
Author
Kusumowardhani, Widyarti
Subject
RG Gynecology and obstetrics 
Datestamp
2019-07-16 03:19:29 
Abstract :
ABSTRAK Kusumowardhani, Widyarti. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketidakpuasan Ibu Hamil Trimester III Tentang Pelayanan ANC di BPM Ny. “S” Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi DIII Kebidanan. STIKES Maharani Malang. Pembimbing. (1) Sumiatun, SST., MPd (2) Evi Dwi Prastiwi, SST., M. Kes Kepuasan pasien merupakan salah satu hal penting dalam meninjau mutu pelayanan. Jika layanan tidak sesuai menyebabkan ketidakpuasan. Pasien yang tidak puas mengakibatkan menurunnya jumlah kunjungan ANC dan berdampak buruk terhadap kelangsungan praktek kebidanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan pasien yaitu kehandalan, daya tanggap. jaminan, bukti fisik dan empati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan ibu hamil trimester III tentang pelayanan ANC di BPM Ny. “S” Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif. Populasinya seluruh ibu hamil berjumlah 105 responden dan sampel ibu hamil trimester III berjumlah 30 responden dengan teknik sampling menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan ibu hamil trimester III tentang pelayanan ANC di BPM Ny. “S” yaitu dimensi kehandalan sebagian besar (76,7%) sesuai, daya tanggap sebagian besar (63,3%) tidak sesuai, jaminan sebagian besar (56,7%) tidak sesuai, bukti fisik sebagian besar (70%) sesuai dan empati hampir seluruhnya (80%) sesuai. Kesimpulan penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan pelayanan ANC antara lain daya tanggap dan jaminan. Saran dalam penelitian ini perlunya meningkatkan pelayanan ANC terutama pada daya tanggap dan jaminan. Kata kunci : Ketidakpuasan, Ibu hamil trimester III, pelayanan ANC 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maharani