DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Rawat Inap RS. Baptis Batu.
Total View This Week22
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maharani
Author
Fitriani, Dwi Wulan
Handian, Feriana Ira
Fitria, Yeni
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2020-03-19 05:20:36 
Abstract :
ABSTRAK Firiani, Dwi.2019. Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Rawat Inap RS. Baptis Batu. Skripsi, Program Studi S1 Ilmu Keperawatan STIKes Maharani Malang. Pembimbing : (1) Ns. Feriana Ira H.,M.Kep, (2) Ns. Yeni Fitria.,M.Kep Rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan diharapkan bisa memberikan pelayanan yang baik. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, jika jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan atau harapan pasien. Untuk itu rumah sakit diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS di rawat inap RS. Baptis Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 responden dengan teknik Probability Sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78,94% kualitas pelayanan baik dan 73,36% kepuasan pasien baik. Hasil penelitian menggunakan uji statistik dengan uji Spearman Rank didapatkan bahwa koefisien korelasi (r) kepuasan pasien dan kualitas pelayanan sebesar 0,805 dengan taraf signifikasi (ρ) adalah 0,000 dengan ρ<0,01. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS di rawat inap RS. Baptis Batu. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diterima pasien maka semakin tinggi kepuasan pasien. Pihak rumah sakit perlu memperbaiki kualitas pelayanan yang kurang yaitu fasilitas fisik rumah sakit khususnya kamar mandi pasien, kecepatan pelayanan obat dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan dari petugas kesehatan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, BPJS 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maharani