DETAIL DOCUMENT
TINJAUAN PROSES KLAIM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI PUSKESMAS AROSBAYA TAHUN 2021
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
Author
Wesilah, Wesilah
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2021-10-18 01:28:25 
Abstract :
ABSTRAK Proses klaim ini ini sangat penting bagi Rumah Sakit maupun Puskesmas sebagai penggantian biaya pasien asuransi maupun BPJS yang telah berobat. Fasilitas yang bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan harus mampu mengajukan klaim setiap bulan secara reguler paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya, dengan disertakan berkas-berkas persyaratan yang harus dilengkapi sesuai prosedur verifikasi BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk m071eninjau proses klaim BPJS Kesehatan. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 petugas klaim BPJS, 1 petugas rawat inap dan 1 petugas rawat jalan BPJS sedangkan objek penelitian ini adalah berkas rekam medis pasien rawat jalan dan rawat inap BPJS yang akan di klaim. Cara pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian adalah Jenjang waktu persyaratan yang dilengkapi pihak Puskesmas Arosbaya memberikan waktu 2 x 24 jam untuk melengkapi persyaratan yang ada, sedangkan untuk pengklaiman BPJS dilakukan sebulan sekali. Faktor yang menghambat proses klaim BPJS berkas klaim yang belum lengkap ditunda dulu penyelesaiannya karena harus diserahkan kembali kepada petugas Puskesmas untuk diperbaiki dan dilengkapi. Prosedur klaim BPJS rawat jalan maupun rawat inap melakukan verifikasi, olah data, serta mengumpulkan persyaratan fisik dalam periode satu bulan. Berdasarkan hasil penelitian adapun solusi dan saran yang diusulkan yaitu, dapat mengupayakan pengajuan klaim tepat waktu, penambahan minimal 2 lulusan rekam medis dan 1 petugas diunit klaim BPJS, serta diharapkan membuat SOP terkait proses klaim BPJS kesehatan di Puskesmas Arosbaya. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura