Abstract :
ABSTRAK
Pembelajaran secara daring menuntut mahasiswa untuk berpikir kritis dan mandiri karena keadaan pandemi ini membuat jarak yang jauh antara mahasiswa dengan teman seangkatannya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada 10 mahasiswa menunjukkan 2 mahasiswa baik, 2 mahasiswa cukup, dan 6 mahasiswa kurang. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan antara konsep diri dengan respon adaptif mahasiswa pada pembelajaran daring pandemi covid-19 pendekatan teori callista roy.
Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Variabel independen konsep diri, variabel dependen respon adaptif. Populasi penelitian 109 responden dan sampel 44 responden menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner konsep diri dan kuesioner respon adaptif. uji statistik spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar konsep diri mahasiswa semester 6 keperawatan pada tingkat rendah 24 (54,5%), sebagian besar respon adaptif mahasiswa semester 6 pada tingkat kurang 24 (56,8%). Berdasarkan uji statistik didapatkan hasil P Value: 0.000 < ?: 0,05 dengan nilai korelasi 0.837. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan yang kuat antara konsep diri dengan respon adaptif mahasiswa pada pembelajaran daring pandemi COVID-19.
Berdasarkan hasil diatas disarankan untuk dapat meningkatkan inovatif pembelajaran daring yang bervariatif sehingga dapat meningkatkan konsep diri yang akan berakibat respon adaptif yang baik bagi mahasiswa.