Abstract :
ABSTRAK
Academic burnout syndrome adalah suatu kondisi reaksi emosi negative yang terjadi ketika individu mengalami stres yang berkepanjangan. Selama pandemi COVID-19 proses pembelajaran dilakukan dirumah secara daring yang berdampak pada kebosanan mahasiswa atau disebut juga academic burnout syndrome. Pada Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara academic burnout syndrome terhadap pembelajaran daring selama pandemic pada mahasiswa STIKes Ngudia Husada Madura.
Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan variabel independen adalah tingkat stres sedangkan variabel dependen academic burnout syndrome. Jumlah populasi sebanyak 127 mahasiswa keperawatan angkatan 2017 STIKes Ngudia Husada Madura yang melakukan pembelajaran daring dengan jumlah sampel 98 mahasiswa menggunakan teknik porportionate strafied random sampling.
Didapatkan mahasiswa keperawatan Angkatan 2017 mengalami stres parah dengan academic burnout syndrome tinggi sebanyak 44 mahasiswa atau (44,9%). berdasarkan uji statistik Spearman Rank Correlation didapatkan hasil P Value: 0.000