DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN IKM BATIK TULIS MANDANGIN
Total View This Week0
Institusion
STIKI Malang
Author
Aliyuddin, .
Subject
Companies 
Datestamp
2021-08-12 04:45:59 
Abstract :
Batik Tulis Mandangin merupakan hasil karya masyarakat lokal dengan memanfaatkan alat sederhana dan pengambilan motif berorientasi pada alam sekitar. Batik Tulis Mandangin ini adalah sebuah IKM Desa Pulau Mandangin yang harus tetap dijaga dan dibangun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Permasalahan yang terjadi pada industri ini adalah belum adanya identitas industri agar dapat dengan mudah di kenali oleh masyarakat luas. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat sebuah perancangan corporate identity. Perancangan ini bertujuan untuk membuat rancangan corporate identity berupa logo sebagai media pengenalan IKM Batik Tulis Mandangin. Perancangan ini mengacu pada Sanyoto (2006) yang telah dimofikasi sebagai berikut: (1) latar belakang masalah perancangan, (2) identifikasi, (3) analisis kesimpulan, (4) sintesis, (5) konsep perancangan, (6) konsep tata desain corporate identity, dan (7) final desain. Modifikasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan perancangan dalam melakukan proses perancangan corporate identity IKM Batik Tulis Mandangin. Hasil akhir dari perancangan ini berupa logo yang diaplikasikan pada media pendukung. Dalam perancangan penting adanya implementasi media agar pada saat menggunakan logo tidak mengubah filosofi dari logo itu sendiri. Dalam perancangan selanjutnya harus lebih memperhatikan media promosi agar tujuan dari pemuatan identitas itu dapat tercapai. 

Institution Info

STIKI Malang