DETAIL DOCUMENT
PENGENALAN WAYANG KULIT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY BERBASIS MOBILE
Total View This Week0
Institusion
STIKI Malang
Author
I Made, Rama Pratama
Subject
Natural history 
Datestamp
2022-12-07 08:03:10 
Abstract :
Wayang kulit merupakan kebudayaan asli Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO pada tahun 2003 lalu. Sebagai generasi penerus bangsa, masyarakat Indonesia sebaiknya dapat melestarikan kebudayaan indonesia agar tidak punah atau dicuri negara lain. Hal tersebut membuat peneliti mendapat ide bahwa diperlukan suatu cara untuk melestarikan kebudayaan kepada masyarakat dengan cara yang mudah dipahami yaitu dengan menciptakan aplikasi pengenalan wayang kulit pada telepon pintar (smartphone) dengan menggunakan teknologi realita virtual. Pada penelitian ini, peneliti menerapkan prosedur penelitian Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall dan melakukan pengumpulan data dengan cara observasi dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan software Unity 3D sebagai game engine dan Blender sebagai pemodelan objek 3D. Konsep dasar aplikasi ini adalah pengguna akan berada di suatu ruangan maya yang terdapat beberapa wayang kulit di dalamnya sehingga pengguna dapat merasakan suasana yang ada di galeri wayang kulit. Aplikasi ini memiliki 3 fitur utama yaitu: melihat wayang kulit, membaca informasi wayang kulit dan memegang wayang kulit. Untuk menjalankan aplikasi ini, pengguna disarankan untuk menggunakan kacamata VR dan remote VR agar aplikasi dapat dijalankan dengan lebih baik. Peneliti berharap aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pengenalan wayang kulit untuk masyarakat indonesia khususnya kepada para generasi muda atau pelajar. 

Institution Info

STIKI Malang