DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TAMAN BACA ZAHRA
Total View This Week0
Institusion
STIKI Malang
Author
Ajeng, Permata Nur Fitri
Subject
Arts and humanities 
Datestamp
2022-12-01 06:14:14 
Abstract :
Proses membaca merupakan faktor penentu kemajuan suatu bangsa. Tanpa disadari, manfaat membaca bisa menjadi banyak inspirasi bagi kita. Sayangnya, membaca akhir-akhir ini terabaikan oleh berbagai kalangan karena kesibukan dan juga media yang lebih praktis seperti TV, radio dan media online. Perancangan media promosi ini bertujuan untuk memperkenalkan Taman Baca Zahra kepada masyarakat sehingga dapat menarik minat pengunjung. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah Design Thinking atau biasa disebut metode pemikiran desain. Data yang dikumpulkan berasal dari wawancara, kuesioner dan observasi. Perancangan ini ditujukan kepada khalayak dengan sasaran terutama anak sekolah dasar mulai usia 7 hingga 12 tahun dan para orang tua untuk mendorong anak meningkatkan minat membacanya. Hasil yang didapatkan adalah media utama berupa media promosi yang dibuat berbasis media sosial instagram meliputi konten, feed, reels, video teaser, gif, story instagram dan media pendukung yang terdiri atas media cetak merchandise, poster, banner dan background. Hasil uji coba terhadap media yang dirancang menunjukkan bahwa konten yang diunggah menarik, dan informatif, dengan adanya media pendukung lainnya perlahan meningkatkan pengunjung di Taman Baca Zahra dan kegiatan membaca menjadi kebiasaan untuk kedepannya. 

Institution Info

STIKI Malang