DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY MENGGUNAKAN MODEL UTAUT (STUDI KASUS PADA WILAYAH MALANG)
Total View This Week0
Institusion
STIKI Malang
Author
Muhammad, Akhyar Nasution
Subject
Library Science. Information Science 
Datestamp
2024-01-05 03:00:47 
Abstract :
Shopeepay merupakan layanan uang elektronik berupa fitur yang digunakan sebagai alat pembayaran pada aplikasi shopee, offline di Merchant ShopeePay, dan Penyimpan dana. Shopeepay diluncurkan pada tahun 2018 di Indonesia dan sejak saat itu juga shopeepay telah berkembang pesat di seluruh kota yang ada di Indonesia yang di mana shopee dapat beroperasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat perilaku penggunaan dan penerimaan teknologi berdasarkan lima faktor menggunakan metode penelitian yaitu UTAUT (Unifield Theory Of Acceptance.And Use Of Technology) dan faktor yang memiliki pengaruh dominan terhadap penerimaan teknologi. Pada penelitian ini, terdapat 20 indikator pada variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Behavioral Intention, Use Behavior. Penelitian dilakukan dengan sampel berjumlah 100 orang pengguna SHOPEEPAY dan data diolah menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara parsial variabel Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, berpengaruh positif dan signifikan serta variabel Performance Expectancy, Behavioral Intention berpengarh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna. Secara simultan keseluruhan variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Serta didapatkan variabel Facilitating Conditions yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap perilaku penggunaan dan penerimaan teknologi. 

Institution Info

STIKI Malang