Abstract :
Perkembangan teknologi pada Smartphone saat ini bisa dibilang memiliki kemampuan yang hampir tidak terbatas. Salah satunya adalah Global Positioning System (GPS) yang saat ini tidak hanya sebagai penentu lokasi saja namun juga dapat digunakan sebagai media tracking suatu objek atau bisa disebut GPS tracking. GPS tracking sendiri merupakan teknologi untuk mendapatkan posisi suatu objek melalui navigasi satelit secara terus menerus. Teknologi GPS tracking bisa juga dimanfaatkan pada bidang sales dan marketing untuk membantu supervisor memonitor kinerja sales. Salah satu contoh perusahaan yang bergerak di bidang sales dan marketing adalah Perusahaan Surya Jawara Eco dengan menawarkan produk perawatan dan pembersih otomotif. Perusahaan Surya Jawara Eco Singosari Malang saat ini mengalami kesulitan, karena supervisor tidak secara langsung mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh sales pada saat bekerja. Akibatnya supervisor kesulitan untuk mengevaluasi kinerja dari setiap sales karena belum adanya sistem yang dapat membantu untuk mengelola penilaian kinerja sales berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, penulis membuat perancangan aplikasi sistem gps tracking kinerja sales untuk membantu supervisor mengevaluasi kinerja para sales. Sehingga penilaian kinerja dapat disimpulkan secara langsung dari hasil kerja sales tersebut dengan beberapa kriteria-kriteria untuk memperoleh hasil yang akurat.