DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN ASET DESAIN GRAFIS UNTUK BOARD GAME BERTEMAKAN STUNTING
Total View This Week0
Institusion
STIKI Malang
Author
Annisa, Tanjung Widyana
Subject
Educative Game 
Datestamp
2024-02-26 03:06:36 
Abstract :
Permasalahan stunting merupakan salah satu permasalahan yang menjadi fokus Pemerintah Indonesia (Rahmadhita, 2020). Menyangkut permasalahan tersebut berbagai usaha pencegahan stunting tengah gencar dilakukan. Let's Play Indonesia merancang board game bertemakan stunting sebagai sarana edukasi penceghan stunting untuk calon orang tua. Dalam merancang sebuah board game dibutuhkan peran seorang desainer grafis untuk membuat aset komponen dari board game tersebut. Perancangan ini menggunakan metode Desain Thinking, dimana terdapat lima tahapan didalamnya, yaitu (1) Empathize dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, (2) Define dengan menganalisis data menggunakan metode miles huberman, (3) Ideate karya dengan melakukan brainstorming, (4) Prototype dengan membuat digitalisasi karya, dan (5) Test karya melalui validasi 3 orang ahli. Perancangan ini meliputi pembuatan media utama dari board game tersebut, yaitu kartu dan papan permainan. Kartu dan papan permainan ini memiliki elemen-elemen yang harus terpenuhi, yaitu ilustrasi, ikon, warna, tipografi, dan tatanan layout yang kemudian akan diimplementasikan kedalam media yang dirancang. Dengan adanya perancangan ini penulis dapat menyelesaikan permasalahan kebutuhan aset desain grafis yang diperlukan oleh Let?s Play Indonesia. 

File :
192111060.pdf
Institution Info

STIKI Malang