DETAIL DOCUMENT
PEMBUATAN GIM ACTION ADVENTURE RPG 2D DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA A* PADA RPG MAKER MV
Total View This Week0
Institusion
STIKI Malang
Author
Raynaldi, Susanto
Subject
Theory and algorithms for application domains 
Datestamp
2024-07-08 06:43:14 
Abstract :
Gim adalah sebuah media hiburan yang banyak digemari oleh beragam orang terlepas dari usia. Salah satu genre gim yang banyak digemari adalah gim dengan genre action adventure RPG. Permasalahan utama dalam gim bergenre action adventure RPG adalah bagaimana NPC / musuh dapat bereaksi dengan pergerakan yang dilakukan oleh pemain dalam melakukan pathfind. Banyak gim bergenre action adventure yang tidak menerapkan algoritma apapun pada pergerakan NPC / musuh mereka. Sehingga ketika NPC melakukan pathfind, mereka hanya diprogram untuk maju mendekati posisi pemain namun tidak dapat mendeteksi jarak terdekat untuk mendekati pemain. Mereka tidak dapat mengetahui apakah di depan mereka ada dinding atau tidak sehingga sering sekali mereka menyangkut di suatu tempat dan tidak dapat mendekati posisi pemain. Tidak jarang bahwa pemain sering mengeksploitasi hal tersebut sehingga pemain dapat dengan mudah mengalahkan musuh yang tidak dapat bergerak. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, penulis akan mengimplementasikan algoritma A* sebagai pathfinding pada pergerakan NPC / musuh. Algoritma ini dapat digunakan agar NPC / musuh dapat menyesuaikan pergerakan mereka dengan pergerakan pemain. Algoritma ini dapat diterapkan untuk menemukan jalur terpendek antara musuh dengan pemain sehingga musuh dapat bergerak secara efektif mendekati posisi pemain. 

File :
151111136.pdf
Institution Info

STIKI Malang