DETAIL DOCUMENT
SISTEM LAYANAN INFORMASI DAN AKADEMIK DENGAN FITUR CHATBOT
Total View This Week0
Institusion
STIKI Malang
Author
Kemas Abror Tri, Wahyuwono
Subject
Data management systems 
Datestamp
2024-07-08 08:58:01 
Abstract :
Chatbot telah menjadi salah satu solusi yang efektif dalam menyediakan layanan informasi dan akademik secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan fitur chatbot berbasis website untuk pelayanan informasi dan akademik di Kabupaten Trenggalek. Pembuatan chatbot memanfaatkan platform dialogflow untuk pemahaman bahasa alami dan pemberian jawaban yang tepat. Data layanan informasi dan akademik terkait sekolah di Kabupaten Trenggalek diintegrasikan ke dalam sistem dan penambahan fitur chatbot, sehingga pengguna dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan benar. Pengujian black box pada sistem website dan chatbot dilakukan untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan baik. Selain dilakukan pengujian black box, untuk memperkuat hasil implementasi chatbot, dilakukan juga pengujian User Acceptance Testing. UAT dilakukan dengan melibatkan 40 responden warga masyarakat sebagai representasi pengguna potensial chatbot dan website dengan 20 pertanyaan yang mengacu pada penggunaan fitur fitur yang berada pada chatbot dan website. Hasil pengujian menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 93%, yang menandakan penerimaan yang tinggi dan kepuasan pengguna terhadap chatbot. Dengan adanya chatbot ini, masyarakat Kabupaten Trenggalek dapat dengan mudah memperoleh informasi terkini tentang acara, berita, lokasi, dan layanan akademik yang tersedia. Chatbot juga dapat mengurangi beban petugas dalam memberikan informasi kepada pengguna. 
Institution Info

STIKI Malang