DETAIL DOCUMENT
PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA GAME PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA BERBASIS MOBILE
Total View This Week0
Institusion
STIKI Malang
Author
Herjuno, Daud Pramono
Subject
Educative Game 
Datestamp
2019-04-05 04:00:23 
Abstract :
Kata Kunci : Game Edukasi, Android, Hewan, Jenis hewan Pemahaman mengenai penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, merupakan salah satu dari sub tema dalam Ilmu pengetahuan Alam. Selain itu pembelajaran tersebut sangat dekat kaitannya dengan lingkungan keseharian, oleh karena itu pengguna diharapkan mampu memahami konsep penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penggunaan teknologi dalam bidang game dapat dimanfaatkan untuk salah satu penyampaian pengetahuan dalam bentuk memahami ilmu tersebut. Penulis memutuskan untuk mengangkat tema ?Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Game Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Mobile?. Dalam game ini memiliki dua fitur utama, yaitu belajar dan bermain, dalam fitur belajar, pengguna dapat mempelajari pengetahuan umum mengenai penggolongan hewan, dan fakta dari setiap hewan. Sedangkan fitur bermain berguna untuk menerapkan pengetahuan tentang penggolongan hewan sesuai dengan jenis makanannya. Sebagai pengujian game, Penulis melakukannya sebanyak 2 kali, dengan menggunakan cara yang berbeda. Pengujian pertama dilakukan secara pribadi dengan menggunakan perangkat handphone android dengan berbagai kriteria pengujian yang ada. Pengujian kedua dilakukan kepada 9 anak kelas 4 Sekolah Dasar.Pada pengujian didapat beberapa data sebagai acuan pengujian. Dari data yang telah didapat, penulis dapat menarik kesimpulan, bahwa game ini memiliki desain yang menarik, permainan yang menarik tingkat minat pada pengguna, dan dapat membuat pengguna menjadi antusias dalam mengakses fitur ? fitur yang ada Penulis berharap dengan adanya game ini, diharapkan pengguna dapat lebih memahami tentang konsep penggolongan hewan berdsarkan jenis makanannya. 

Institution Info

STIKI Malang