Abstract :
TK Little Camel Mojokerto merupakan sebuah lembaga yang memiliki upaya dalam hal menumbuhkan pendidikan karakter keislaman terhadap peserta didiknya berupa adanya regulasi dan habituasi untuk mewajibkan siswa dan siswi untuk berjabat tangan ketika masuk gerbang sekolah. Adanya program tahfizh Al-Quran, Sholat dhuha dan zuhur berjamaah dalam hal untuk membentuk karakter religiusitas siswa. Adanya budaya sungkem setiap hari jumat. Membaca Asmaul Husna setiap selesai sholat dhuha. Namun kenyataannya di lapangan banyak terjadi permasalahan mengenai kerjasama antara guru dengan orang tua. Banyak orang tua menyerahkan sepenuhnya urusan mendidik anak kepada guru di sekolah. Selama ini pendidikan informal terutama dalam lingkungan keluarga belum efektif. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang : Upaya Pembiasaan Pendidikan Karakter Berbasis Profetik di TK Little Camel Mojokerto Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dalam pengumpulan datanya dilakukan secara langsung dilokasi penelitian, dengan pendekatan deskrptif kualitatif. Variabel penelitian adalah upaya Pembiasaan Pendidikan Karakter. Pendidikan Karakter Berbasis Profetik. Objek penelitiannya adalah siswa-siswi, dan pendidik TK Little Camel. Sumber data berupa data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yakni data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, lembar observasi, pedoman wawancara, dan ceklist yang diperlukan untuk mendapatkan informasi yang kredibel. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Upaya guru dalam pembiasaan pendidikan karakter berbasis profetik dapat dilakukan dengan guru melakukan pembiasaan terhadap siswa 2) Bentuk-bentuk metode pembiasaan pendidikan karakter berbasis profetik yakni berupa kegiatan pembiasaan sesuai nilai-nilai pendidikan karakter profetik 3) Penerapan pembiasaan pendidikan karakter berbasis profetik yakni dengan proses dengan memberikan edukasi secara terus menerus dan Pemberian teladan oleh guru 4) langkah-langkah dalam mengoptimalkan pendidikan karakter berbasis profetik dengan adanya kerjasama anatara guru. pemberian fasilitas. Kerjasama antara guru dan orang tua.