Abstract :
Dunia pendidikan saat ini telah menghadapi berbagai macam budaya yang menyimpang dari nilai–nilai agama, seperti minum minuman keras, narkoba, narkotika, pergaulan bebas, dan lain sebagainya yang bisa merusak moral generasi penerus bangsa. Maka dari itu, semua warga sekolah terutama kepala sekolah untuk lebih menanamkan nilai-nilai keagamaan, dengan lebih memperhatikan dan menjaga budaya religus yang sudah dilaksanakan selama ini, dengan tujuan agar peserta didik terhindar dari budaya yang bertentangan dengan agama dan menjadi generasi penerus yang bermartabat dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk Mengetahui upaya guru dalam Menjaga Budaya Religius di MA Darul Ulum Ngabar Jetis Mojokerto Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui kesadaran guru dalam melakukan upaya-upaya yang baik dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik, (3) Untuk mengetahui perhatian peserta didik dalam mengikuti budaya religius. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer (kepala sekolah, waka kesiswaan, guru bidang studi SKI, dan siswa) dan data skunder (dokumen penelitian, seperti profil sekolah, data warga sekolah, dan data peserta didik. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan cara mereduksi data yang relevan, menyajikan data yang tidak relevan, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini meliputi empat kriteria, yaitu; derajat kepercayaan (credibility), Keteralihan (transferability), kebergantungan(dependenbility), dan Kepastian (confarmability( Hasil dari penelitian ini, adalah 1) Semua guru selalu kompak mendampingi peserta didik dalam melaksanakan kegiatan budaya religius di MA Darul Ulum Ngabar, 2) Semua peserta didik memahami nilai-nilai Islam yang mengarah pada aspek afektif dan psikomotor peserta didik. 3) Peserta didik lebih memperhatikan dan semangat dalam melaksanakan budaya religius.