Abstract :
Lembaga pendidikan formal maupun non formal memiliki tanggung jawab yang sama dalam mendidik anak sejak dini. Karena lembaga pendidikan memiliki metode dan sistem yang sudah tertata sedemikian rupa sehingga mampu melakukan tugas mendidik dengan baik. Selain memberikan bekal pendidikan di lembaga formal, orang tua juga mendidik anak ke lembaga non formal seperti Taman Pendidikan Al- Qur’an agar mampu mengenalkan Al- Qur’an sejak dini. Kelancaran membaca Al- Qur’an adalah kemampuan utama yang harus dimiliki oleh anak didik beragama Islam. Adanya perbedaan jenis kelamin terkadang membuat adanya perbedaan pula dalam menangkap materi pelajaran Al- Qur’an. Selain itu, intensitas kehadiran yang cenderung santriwati TPQ Darul Hikmah Tarik lebih rajin mengikuti pembelajaran dibandingkan santriwan juga menjadi salah satu faktor pembeda dalam menerima materi pelajaran Al- Qur’an. Sehingga terdapat perbedaan pula dalam kelancaran membaca Al- Qur’an. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian tentang: Perbandingan Kelancaran Membaca Al- Qur’an antara Santriwan dengan Santriwati di TPQ Darul Hikmah Tarik Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat komparasi. Variabel penelitiannya adalah x1 kelancaran membaca Al- Qur’an santriwan TPQ Darul Hikmah. Sedangkan variabel x2 kelancaran membaca Al- Qur’an santriwati TPQ Darul Hikmah Tarik.
Harapan yang diinginkan untuk menjadi sebuah kesimpulan, adalah 1) Diketahui rata- rata kelancaran membaca Al- Qur’an santriwan TPQ Darul Hikmah. 2) Diketahui rata- rata kelancaran membaca Al- Qur’an santriwati TPQ Darul Hikmah. 3) Diketahui perbandingan kelancaran membaca Al- Qur’an antara santriwan dengan santriwati TPQ Darul Hikmah.
Kelancaran membaca Al-Qur’an santriwan di TPQ Darul Hikmah termasuk dalam kualifikasi “ cukupâ€. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata- rata yaitu 77. Sedangkan kelancaran membaca Al-Qur’an santriwati di TPQ Darul Hikmah termasuk dalam kualifikasi “ baikâ€. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata- rata yaitu 79.9. Dari analisis uji hipotesis diperoleh hasil to atau t observasi adalah 2.177. Sedangkan t tabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1.697 dan taraf signifikansi 10% yaitu 2.042. Ini berarti nilai t observasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kelancaran membaca Al- Qur’an antara santriwan dengan santriwati di TPQ Darul Hikmah