DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Media Audio Visual Pada Siswakelas Vii Mts Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan
Total View This Week8
Institusion
STIT Raden Wijaya Mojokerto
Author
masruroh, H
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-09 13:53:40 
Abstract :
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, baik dalam ekonomi sosial budaya maupun pendidikan oleh karena itu, agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan IPTEK tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian terutama yang berkaitan dengan faktor-faktor pengajaran di Madrasah salah satu faktor tersebut adalah media pembelajaran yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh guru sehingga mereka dapat menyampaikan materi pembelajaran secara baik.Guru sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan suatu proses pembelajaran memiliki peran yang paling pokok yaitu berhubungan dengan tugas dan jabatannya sebagai suatu profesi. Tugas guru secara profesional meliputi tugas mendidik, mengajar, dan melatih. Sarana dan alat pendidikan sebagai salah satu faktor dalam pendidikan memiliki peran yang penting untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Keberadaan media akan lebih membantu tercapainya tujuan secara efektif dan efisien para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang telah disediakan oleh Madrasah dan tidak tertutup bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman Pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran. Dengan uraian di atas, maka pembelajaran Al-Qur’an hadist dengan media audio visual antara lain diharapkan dapat meningkatkan atau membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa, membantu pemahaman siswa sehingga siswa dapat dengan mudah menghafalkan ayat Al-Qur’an, dapat memudahkan penafsiran siswa tentang ayat-ayat Al-Qur’an sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil yang lebih baik sertadiharapkan dapat meningkatkan ketepatan waktu dalam proses belajar dan ketepatan pendayagunaan sarana dan prasarana. 
Institution Info

STIT Raden Wijaya Mojokerto