DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pembiasaan Jamaah Shalat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Dalam Belajar Siswa Di Mts Al-Amin Putra Mojokerto Tahun 2017/2018
Total View This Week14
Institusion
STIT Raden Wijaya Mojokerto
Author
Rahma Waty, N
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-09 13:53:45 
Abstract :
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Amin Putra Mojokerto merupakan Sekolah berbasis Pesantren yang berlandaskan nilai-nilai ajaran Islam, lembaga pendidikan formal hakekatnya merupakan lembaga yang mendapat kepercayaan dari orang tua untuk mendidik anak-anaknya dengan tanggung jawab, sesuai dengan fungsi dan tujuan lembaga pendidikan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh shalat dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistic korelasi product moment. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan jenis sampel kuota dan sampelnya adalah siswa MTs Al-Amin Putra Mojokerto Tahun 2017/2018. Variabel terdiri dari 1 variabel bebas, yaitu shalat Dhuhal 1 variabel terikat, yaitu kedisiplinan belajar siswa. Adapun data shalat dhuha diperoleh dari observasi dan penyebaran angket dengan bentuk tertutup. Sedangkan data kedisiplinan belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket. Dari data penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara shalat Dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa. Maka dari hasil tersebut berarti ada pengaruh antara shalat Dhuha terhadap kedisiplinan belajar siswa. Harapan yang diinginkan untuk menjadi sebuah kesimpulan, adalah (1) Kegiatan pembiasaan jamaah shalat dhuha di MTs Al-Amin Putra Mojokerto Tahun 2017/2018 dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan oleh hasil observasi pertama dapat diketahui bahwa menurut hasil pengamatan 17,3 % yang melaksanakan kegiatan jamaah shalat dhuha dengan rajin dan tepat waktu Kegiatan pembiasaan jamaah shalat dhuha dengan observasi kedua di MTs Al-Amin Putra Mojokerto Tahun 2017/2018 dilaksanakan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan oleh hasil observasi kedua dapat diketahui bahwa menurut hasil pengamatan 21,6 % yang melaksanakan kegiatan jamaah shalat dhuha dengan rajin dan tepat waktu. Jadi rata-rata hasil observasi pembiasaan jamaah shalat dhuha adalah 19, 5 %. (2) Kedisiplinan dalam belajar siswa di MTs Al-Amin Putra Mojokerto Tahun 2017/2018 dilaksanakan dengan baik, terbukti dari hasil rata-rata nilai yang diambilkan dari angket, yang mana nilai tertinggi adalah interval 81-100 sebesar 22,2 % (12 responden), interval 61-80 dengan kategori baik sebesar 27,7 % (15 responden), interval 41-60 dengan kategori cukup baik sebesar 24 % (13 responden), interval 21-40 dengan kategori tidak baik sebesar 18,5 % (10 responden), kelas interval dengan kategori sangat tidak baik 0 – 20 sebesar 7,4 % (4 responden). (3) Ada pengaruh pembiasaan jamaah shalat dhuha terhadap kedisiplinan dalam belajar siswa di MTs Al-Amin Putra Mojokerto Tahun 2017/2018. Dari data yang ada, didapatkan bahwa Setelah Berkonsultasi pada tabel nilai r Product moment ; dengan Df sebesar 52 diperoleh “r” product moment pada taraf signifikan 5 % = 0,2681. Dan telah diketahui bahwa r xy atau ro adalah sebesar 0,853 maka : 0, 853 > 0,2681. Berdasarkan konsultasi pada tabel r Product Moment maka Hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Jadi : hipotesa alternatif (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh pembiasaan jamaah shalat dhuha terhadap kedisiplinan dalam belajar siswa MTs Al-Amin Putra Mojokerto Tahun 2017/2018” diterima. Sedangkan hipotesa nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada pengaruh pembiasaan jamaah shalat dhuha terhadap kedisiplinan dalam belajar siswa MTs Al-Amin Putra Mojokerto Tahun 2017/2018” ditolak. Dan pengaruh kesignifikannya adalah Sangat Kuat. 
Institution Info

STIT Raden Wijaya Mojokerto