DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 160 INPRES LEMO-LEMO
Total View This Week0
Institusion
STKIP Andi Mattappa
Author
Risdayanti, Risdayanti
Subject
PGSD 
Datestamp
2022-07-03 11:25:22 
Abstract :
Penelitian ini menelaah Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 160 Inpres Lemo-lemo. Masalah utama penelitian ini adalah: Penggunaan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan ketika mengikuti proses pembelajaran, apakah pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di SD Negeri 160 Inpres Lemo-lemo. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SD Negeri 160 Inpres Lemo-lemo. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 43 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas IV di SD Negeri 160 Inpres Lemo-lemo. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument lembar angket, lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis statistik inferensial yaitu uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline berpengaruh terhadapa motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 160 Inpres Lemo-lemo, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa di SD Negeri 160 Inpres Lemo-lemo antara sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan media Articulate storyline. 
Institution Info

STKIP Andi Mattappa