Abstract :
Penelitian ini menelaah Pengembangan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Media to do list activities untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar pada mahasiswa STKIP Andi Matappa. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran kebutuhan Mahasiswa terhadap layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar mahasiswa STKIP Andi Matappa, (2) Bagaimana gambaran panduan konseling kelompok menggunakan media to do list activities yang diterima melalui uji kelayakan, uji kegunaan, dan uji ketepataan dalam mengatasi kejenuhan belajar Mahasiswa Stkip Andi Matappa, (3) Bagaimana keefektifan media to do list activities melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran kebutuhan mahasiswa terhadap layanan konseling kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar mahasiswa STKIP Andi Matappa, (2) Untuk mengetahui gambaran panduan bimbingan kelompok menggunakan media to do list activities yang diterima melalui uji kelayakan, uji kegunaan, dan uji ketepatan dalam mengatasi kejenuhan belajar mahasiswa STKIP Andi Matappa, dan (3) Untuk mengetahui keefektifan media to do list activities melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan terhadap 8 subjek penelitian yang merupakan mahasiswa Bimbingan dan Konseling semester 5 angkatan 2019 STKIP Andi Matappa. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, angket dan wawancara.
Hasil penelitan ini berupa panduan konseling kelompok melalui media to do list activities. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok melalui media to do list activies dibutuhkan di STKIP Andi Matappa, selanjutnya dikembangkan panduan untuk membantu dosen bimbingan dan konseling dalam mengurangi kejenuhan belajar mahasiswa dengan empat sesi kegiatan dimana tiap tahapan kegiatan menyajikan materi, refleksi dan lembar kerja. Dan berdasarkan seluruh kegiatan penilaian dari uji akseptibilitas (kegunaan, kelayakan, ketepatan dan isi materi) uji kelompok kecil dengan menggunakan statistic uji Wilcoxon, maka panduan panduan kelompok melalui media to do list activities sangat efektif untuk mengurangi kejenuhan belajar pada mahasiswa STKIP Andi Matappa.