Abstract :
Penelitian ini menelaah penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di kelas V SDN 31 Maccini baji. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 31 Maccini Baji yang berjumlah 24 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa serta soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60% (cukup), pertemuan 2 sebesar 62% (cukup), sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 89% (baik sekali), pertemuan 2 sebesar 93% (baik sekali). pada siklus I nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yaitu 43,75 (kurang) dengan presentase ketuntasan pemahaman 16,66% (gagal) kemudian meningkat pada siklus II nilai rata-rata pemahaman konsep siswa adalah 78,33 (baik) dengan presentase ketuntasan pemahaman 91,66% (baik sekali). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V SDN 31 Maccini Baji Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkajene.