DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK BANGUN DATAR MELALUI MEDIA COLOUR GEOMETRY PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN BERLIAN II SUMBERSARI SINE NGAWI TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week30
Institusion
STKIP Modern Ngawi
Author
KRISNAWATI, IRA
Subject
 
Datestamp
2020-03-09 09:46:13 
Abstract :
ABSTRAK IRA KRISNAWATI: Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Bangun Datar Melalui Media Colour Geometry pada Anak Kelompok Bermain BERLIAN II Sumbersari Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Modern Ngawi. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan mengenal bentuk bangun datar pada Kelompok Bermain BERLIAN II Sumbersari Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019: 2) meningkatkan peningkatan kemampuan mengelompokkan ukuran dan bentuk bangun datar melalui media colour geometry pada pada Kelompok Bermain BERLIAN II Sumbersari Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain yang berjumlah 15 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses peningkatan kemampuan mengenal bentuk bangun datar Kelompok Bermain BERLIAN II Sumbersari Sine Sine Ngawi meliputi: a) mengenal bentuk bangun melalui media colour geometry b) mengelompokkan ukuran bangun datar menggunakan media colour geometry c) mengelompokkan bentuk bangun datar melalui media colour geometry yang dilakukan sebanyak 6 pertemuan dalam 2 siklus. 2) Media colour geometry dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar, mengelompokkan ukuran bangun datar dan mengelompokkan bentuk bangun datar sebesar 86,6%, dengan hasil pada pra tindakan diperoleh 13,4% anak dari 15 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada siklus I diperoleh 73,3% atau 4 dari 15 anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada siklus II diperoleh 80% atau 12 dari 15 anak yang kemampuan mengenal bentuk bangun datar berkembang sangat baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa media colour geometry dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar, mengelompokkan ukuran bangun datar dan mengelompokkan bentuk bangun datar. Kata kunci: bentuk bangun datar, media colour geometry, anak usia 3-4 tahun. 
Institution Info

STKIP Modern Ngawi