DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA POHON PINTAR PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN AL–AZHAR BERAN NGAWI TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week55
Institusion
STKIP Modern Ngawi
Author
Nur Wahyu Astutik, Julya
Subject
 
Datestamp
2020-03-09 09:45:42 
Abstract :
ABSTRAK Julya Nur Wahyu Astutik. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Pintar Pada Anak Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2018/2019. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Modern Ngawi. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan kemampuan mengenal huruf anak melalui penggunaan media pohon pintar pada Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019; 2) mendiskripsikan peningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media pohon pintar pada anak Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dilakukan 2 siklus dan setiap siklus ada 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi yang berjumlah 16 anak terdiri dari 10 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% yaitu 12 anak dari 16 anak memiliki kemampuan mengenal huruf dengan kriteria berkembang sangat baik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pelaksanaan media pohon pintar pada peningkatan kemampuan mengenal huruf Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi meliputi: a) menyebutkan huruf vokal; b) menyebutkan huruf konsonan; c) menyebutkan kata yang dilakukan sebanyak 6 pertemuan dalam 2 siklus; 2) media pohon pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf sebesar 75%, dengan hasil pada: kondisi awal pra siklus dipersentase 0% atau belum ada anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik, siklus I yaitu 12% atau 2 anak dari 16 anak terdapat kriteria berkembang sesuai harapan, siklus II yaitu 75% atau 12 anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, media pohon pintar 
Institution Info

STKIP Modern Ngawi