DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN BERMAIN AIR PADA KELOMPOK A TK DHARMA WANITA JEBLOGAN 2 PARON NGAWI TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week61
Institusion
STKIP Modern Ngawi
Author
DARMINI, TRI
Subject
 
Datestamp
2020-03-09 09:41:53 
Abstract :
ABSTRAK Tri Darmini: Peningkatan Kemampuan Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bermain Air Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Jeblogan 2 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. STKIP Modern Ngawi. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pelaksanaan metode Eksperimen bermain air dalam meningkatkan kemampuan sains pada kelompok A TK Dharma Wanita Jeblogan 2 Paron Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019; (2) Mengetahui peningkatan kemampuan sains melalui penerapan metode Eksperimen bermain air pada kelompok A TK Dharma Wanita Jeblogan 2 Paron Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A TK Dharma Wanita Jeblogan 2 yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 15 anak memiliki kemampuan sains dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses pelaksanaan metode Eksperimen bermain air meliputi; pembuatan pelangi air, terapung tengelam, larut tidak larut, cara air mengalir. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dan setiap siklus ada 2 pertemuan. Disetiap akhir pertemuan terdapat refleksi; 2) Metode Eksperimen bermain air dapat meningkatkan kemampuan sains anak sebesar 80%. Dengan hasil pada pra tindakan diperoleh 0% atau belum ada anak dari 15 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada siklus I diperoleh 26,7% atau 4 anak dari 15 anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada siklus II diperoleh 80% atau 12 anak dari 15 anak kemampuan sainsnya berkembang sangat baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode Eksperimen bermain air dapat meningkatkan kemampuan sains. Kata kunci: kemampuan sains, metode Eksperimen bermain air 
Institution Info

STKIP Modern Ngawi