DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IVSDN CEPOKO 3 KECAMATAN NGRAMBE KABUPATEN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week57
Institusion
STKIP Modern Ngawi
Author
Suprihatin, Triana
Subject
 
Datestamp
2020-03-09 11:05:43 
Abstract :
ABSTRAK TRIANA SUSPRIHATIN. 2019. Pengaruh pemberian reward and punishment pada mata pelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Cepoko 3 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Tahun pelajaran 2018/2019.Skripsi. PGSD, STKIP MODERN NGAWI. Degi Alrinda A., M.Pd, Prima Rias Wana, M.Pd. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Reward and Punishment dalam pembelajaran Matematika kelas IV SDN Cepoko 3 tehadap motivasi belajar kelas IV SDN Cepoko . Penelitian ini merupakan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SDN Cepoko 3 dengan jumlah masing-masing kelas adalah 13 anak. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji homogenitas menggunakan rumus varians (Uji F) dan dilakukan uji normalitas dengan rumus Shapiro Wilk. Data dianalisis secara univariat dengan taraf signifikan 5% (0,05) untuk pengujian. Pengujian hipotesis menggunakan t-tes Two Sample Assuming Equal Variances. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar Matematika kelas IV SDN Cepoko 3. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan rata-rata skor skala sikap. Pada kondisi akhir, rata-rata kelas eksperimen 88,77 sedangkan rata-rata di kelas kontrol yaitu 87,77. Selain dilihat dari hasil hipotesis bahwa Thitung sebesar 3,257 dan Ttabel dengan df 24 diperoleh nilai sebesar 2,063. Thitung > Ttabel atau 3,257 > 2,063 Maka Ho Ditolak dan Ha Diterima Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemberian reward and punishment berpengaruh terhadap motivasi belajar Matematika kelas IV SDN Cepoko 3. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran anak lebih sering bertanya kepada gurunya, anak lebih bersemangat dalam bersaing untuk mengerjakan soal atau memeberi pertanyaan kepada siswa lainnya, dan siswa bersikap percaya diri disaat mengerjakan soal atau jawaban dibuku tugas maupun dipapan tulis. Kata kunci:Jurnal Pendidikan Anak,Reward and Punishment, motivasi belajar. 
Institution Info

STKIP Modern Ngawi