Abstract :
ABSTRAK
Erni Rahmawati. 2019. Pengaruh Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gringging 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP MODERN NGAWI.
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) mengetahui penerapan model jigsaw terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Desa Gringging Tahun Ajaran 2018/2019, dan (2) mengetahui pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Desa Gringging Tahun Ajaran
2018/2019.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Gringging 1 dengan jumlah 15 siswa dan SD Negeri Gringging 3 dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes. Uji prasyarat menggunakan uji homogenitas dengan rumus uji varians (uji F), uji normalitas dengan chi kuadrat (α = 0,05), dan uji hipotesis (uji t-Test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil analisis data Uji Homogenitas posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Fhitung sebesar 0,824. Taraf signifikansi 0,05, sehingga data tersebut homogen. (2)
hasil analisis data Uji Normalitas kelas eksperimen pada posttest diperoleh nilai Lo sebesar 0,1733. Taraf signifikansi 0,05, sehingga data tersebut berdistribusi
normal, dan kelas kontrol pada posttest diperoleh nilai Lo sebesar 0,1181. Taraf signifikansi 0,05, sehingga data tersebut berdistribusi normal. dan (3) hasil penelitian menunjukan bahwa Hipotesis (uji t-Test) data posttest diperoleh nilai T hitung sebesar 2,732. Ttabel 1,701, sehingga hipotesis diterima.
Kata kunci : Model jigsaw, hasil belajar siswa, IPA kelas V.