DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V
Total View This Week61
Institusion
STKIP Modern Ngawi
Author
KHASANAH, NURUL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-04-29 09:06:34 
Abstract :
ABSTRAK NURUL KHASANAH. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Modern Ngawi. Pembimbing (1) Djoko Hari Supriyanto, M.Pd., (II) Sofyan Susanto, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatigembol 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Pelanglor 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing kelas adalah 12 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, kuesioner dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validitas menggunakan Microsoft Excel, uji reliabilitas menggunakan Microsoft Excel, uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov pada SPSS 16, uji homogenitas menggunakan ANOVA pada SPSS 16 dan uji hipotesis menggunakan uji independent t-test dengan bantuan SPSS 16. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji t-tes terhadap nilai kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, diperoleh hasil thitung < ttabel (0,027 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V. Alasan utama yang menjadikan penelitian ini berhasil adalah nilai rata-rata kemampuan dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Soal Cerita, Matematika 

File :
PDF Full.pdf
Institution Info

STKIP Modern Ngawi