Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar PPKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui prestasi belajar PPKn siswa dengan mengunakan model pembelajaran course review horay, 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran course review horay dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada materi Ketentuan UUD NKRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara siswa kelas X.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Static Group Comparison tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X AK sebanyak 94 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AK 2 sebanyak 31 siswa dan X AK 3 sebanyak 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi. Kelas AK 2 sebagai kelas control dan X AK 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-tes.
Bersadarkan hasil tes. Siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 72,04 untuk kelas control dan nilai rata-rata postest 78,72 pada kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk 65 ttabel 2,000 dan thitung 14,128, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak, dan Ha diterima. Sehingga “Ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran course review horay pada pokok pembahasan materi Ketentuan UUD NKRI Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara siswa kelas X AK di SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020â€.