DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI HUBUNGAN DASAR NEGARA DENGAN KONSTITUSI TERHADAP PENGUASAAN ARTI DAN LAMBANG PANCASILA PADA SISWA KELAS X SMKN 1 NGANJUK NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
PUTRA, IRWAN ARLYA
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2021-09-23 07:56:13 
Abstract :
Pendidikan merupakann suatu hal yang sangat penting dan merupakan kebutuhan primer dalam pembentukan generasi yang berkualitas,baik pengetahuan, moral, sosial, dan ekonomi. Pancasila adalah dasar negara yang telah menuntun dan menjembatani masyarakat Indonesia hidup dalam kemerdekaan, suatu dasar negara dan merupakan sumber dari segala sumber hukum dalam tatanan pemerintahan. Tidak dapat menutup mata dan sangat disayangkan bahwa para generasi muda saat ini meyoritas tidak mngerti betapa berharganya pancasila, mereka hanya sekedar mengenal tanpa mengerti makna yang terkandung didalamnya. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti mencoba untuk melakukan suatu upaya peningkatan penguasaan arti dan lambang pancasila melalui pembelajaran pada materi hubungan dasar negara dengan konstitusi pada siswa kelas X SMKN 1 Nganjukyang mencangkup permasalahan (1) Bagaimana penguasaan terhadap Arti dan Lambang Pancasila sebelum adanya upaya peningkatan pembelajaran PKn pada Materi Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi (2) Bagaimana guru mengelola pembelajaran PKn pada materi Kompetensi Dasar Negara dengan Konstitusi dalam upaya untuk meningkatkan Penguasaan terhadap Arti dan Lambang Pancasila (3)Adakah penguasaan terhadap Arti dan Lambang Pancasila setelah adanya upaya peningkatan pembelajaran PKn pada Materi Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi, pada siswa Kelas X SMKN 1 NganjukTahun Pelajaran 2020 Untuk mencapai tujuan penelitian deskriptif kualitatif maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, dan tes. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan pengolahan data menggunakan skala likert dengan mencari skor perolehan untuk selanjutnya dipersentasikan. Untuk validasi data menggunakan Kredibilitas, Transferabilitas, Dependability, Konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh (1) Sebelum adanya upaya peningkatan pembelajaran pada materi hubungan dasar negara dengan konstitusi terhadap penguasaan arti dan lambang pancasila diuji dengan pre tes dan berdasar hasil analisis skala likert menunjukkan tingkat penguasaan mencapai 61,5% dengan kriteria kurang baik (2) Pengelolaan Pembelajaran PKn, yaitu dengan tahap pendahuluan, kegiatan inti dan penutup dengan menggunakan materi sederhana namun tepat tujuan dan dengan bahasa yang komunikatif (3) penguasaan terhadap Arti dan Lambang Pancasila setelah adanya upaya peningkatan pembelajaran PKn pada Materi Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi, berdasar hasil post tes dan hasil analisis skala likert menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 100% untuk siswa kelas X SMKN 1 Nganjuk tahun ajaran 2020 dengan peningkatan sebesar 32,4% dari hasil pre tes 61,5% dan hasil post tes mencapai 93,9%, dengan peningkatan kriteria dari kurang baik menjadi sangat baik. Upaya dalam penanaman rasa cinta tanah air sangat perlu dilakukan, dan materi hubungan dasar negara dengan konstitusi sangat memberikan pengaruh dengan pengelolaan pembelajaran yang mudah dipahami, akan jauh lebih baik jika semua pendidik sadar akan peran dan tanggung jawabnya untuk selalu dapat menanamkan rasa cinta terhadap tanah air dan kemerdekaanya. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk