Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk yang memenuhi unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi; (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi; dan (3) penilaian atau evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk yang mengarah pada unsur pengukuran keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Jenis penelitian ini adalah mixed methods dengan model sequential exploratory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS serta guru Ekonomi. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 3 Nganjuk sudah mengusahakan untuk memenuhi unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi; (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk kelas X IPS sudah mengusahakan untuk mengimplementasikan kegiatan pembelajaran yang mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi; dan (3) penilaian atau evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Nganjuk kelas X IPS belum mengarah pada unsur pengukuran keterampilan berpikir tingkat tinggi.