Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) 1. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar dengan diterapkan media pembelajaran berbasia ICT aplikasi Quiziz pada siswa kelas X, 2) 2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar dengan tanpa menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas X, 3) 3. Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran perbankan dasar antara penerapan Media Pembelajaran berbasia ICT aplikasi Quiziz dan Tanpa menggunakan media pembelajaran pada siswa kelas X.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X AKL, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X AKL II dan X AKL III dengan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Diambil dua kelas dari populasi dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kotrol. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, dokumentasi, dan observasi . Kelas X AKL II sebagai kelas kontrol dan kelas X AKL III sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test.
Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata 70,4 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 8,16 sehingga termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikansi 5% untuk Dk = 69 nilaii ttabel = 2,000 dan thitung= 4,181, maka thitung ≥ ttabel. Sehingga dalam perhitungan ini Hα diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Media pembelajaran Berbasis ICT Aplikasi Quiziz dalam meningkatkan Prestasi belajar Siswa Pada Matapelajaran Perbankan Dasar kelas X AKL SMKN 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020.