Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) mata pelajaran ekonomi 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) mata pelajaran ekonomi 3)Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi antara yang menggunakan metode CORE dan metode pembelajaran SQ4R pada siswa kelas X IPS 1 dan kelas IPS 4.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Two Group Design Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X IPS sebanyak 144 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS 1 sejumlah 36 siswa dan X IPS 4 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IPS 4 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian diketahui bahwa dengan tarif 5% untuk N = 72 N-2 = 70, karena DK 70 yang tercantum dalam uji t dan nilai 70 adalah 1,980, sedangkan nilai = 7,663 yang berarti > Maka Ho ditolak dan Ha diterima . Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) pada mata pelajaran ekonomi materi bank dan lembaga keuangan bukan banks siswa kelas X ips 1 dengan X IPS 4 SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020