Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis materi permintaan sebelum diterapkan pembelajaran artikulasi pada siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis materi permintaan sesudah diterapkan pembelajaran artikulasi pada siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020, 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis materi permintaan sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran artikulasi pada siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X BDP sebanyak 106 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X BDP 1 sejumlah 35 siswa dan X BDP 2 sejumlah 35 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas X BDP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X BDP 2 sebagai kelas kontrol. Teknis analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes.
Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata - rata post test 78,18 untuk kelas kontrol dan nilai rata – rata post test 85,48 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 68 nilai ttabel = 2,000 dan thitung = 5,214, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model artikulasi terhadap hasil belajar ekonomi bisnis materi permintaan pada siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020â€.