DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DLPS (Double Loop Problem Solving) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Materi Penawaran Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Wahyuni, Manda Rizki
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-27 09:39:18 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi bisnis dengan materi Penawaran pada siswa kelas X OTKP di SMKN 2 NGANJUK tahun pelajaran 2019/2020, 2)Untuk mengetahui hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe DLPS (Double Loop Problem Solving) mata pelajaran Ekonomi Bisnis dengan materi Penawaran pada siswa kelas X OTKP di SMKN 2 NGANJUK tahun pelajaran 2019/2020, 3)Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe DLPS (Double Loop Problem Solving) mata pelajaran Ekonomi Bisnis dengan Materi Penawaran pada siswa kelas X OTKP di SMKN 2 NGANJUK tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X OTKP sebanyak 107 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X OTKP 2 sejumlah 35 siswa dan X OTKP 3 sejumlah 35 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas X OTKP 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Teknis analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata - rata post test 78,18 untuk kelas kontrol dan nilai rata – rata post test 85,48 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 68 nilai ttabel= 2,000 dan thitung = 5,214, maka thitung> ttabelyang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving) untuk mengingkatkan hasil belajar ekonomi bisnis materi penawaran pada siswa kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk