DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking (DD/CT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Otkp Smkn 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
alghoffar, M.adim
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-28 11:36:47 
Abstract :
Pendidikan merupakan suatu wadah kegiatan yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Pada hakekatnya dunia pendidikan berfungsi untuk mencekan kader pimpinan dan ilmuwan yang profesional serta menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas agar mampu memecahkan masalah dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran ekonomi sebelum menggunakan penerapan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking (DD/CT), 2) untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran ekonomi sesudah menggunakan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking (DD/CT), 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking (DD/CT) sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking (DD/CT), dengan metode konvensional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi ekonomi siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen two group design. tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X Otkp sebanyak 109 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X Otkp -1 sejumlah 37 siswa dan kelas X Otkp-2 sejumlah 37 siswa dengan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis dan observasi. Kelas X Otkp -2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Otkp-1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes. Untuk kelas eksperimen mempunyai rata-rata 80,04 untuk kelas kontrol mempunyai rata-rata 68,06 untuk kelas eksperimen yang berarti sangat baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk nilai t-tabel = 2,000 dan t-hitung = 4,726 maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Deep Dialog Critical Thinking (DD/CT) dengan model pembelajaran konvensional terhadap Kemampuan berfikir kritis siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diharapkan adanya kerjasama yang baik antara orang tua, siswa, guru, sekolah dan siswa itu sendiri demi tercapainya tujuan penelitian. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk