Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Prestasi belajar siswa dengan yang tidak mengunakan pendekatan kontruksivisme, 2) Untuk mengetahui Prestasi belajar siswa dengan yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan pada prestasi belajar antara yang tidak menggunakan pendekatan kontruksivisme dengan yang mengunakan pendekatan kontruksivisme pada materi Peran pelaku ekonomi siswa kelas X AKL.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pos tes only control design. Tempat yang didigunakan untuk penelitianini adalah SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas XAKL sebanyak 106 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu XAKL1 sejumlah 35 siswa, dan XAKL 2 sejumlah 35 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis dan dokumentasi. Kelas XAKL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XAKL 2 sebagai kelas kontol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data ststistik t-tes.
Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa menunjukan nilai rata-rata pos tes kelas eksperimen 80,8 dan nilai rata- rata pos tes kelas kontrol 67,6. Untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk nilai 68 ( taraf signifikan 5% maupun 1% untuk N = 70 dan dk = 68, karena dk = 68 tidak tercantum dalam tabel distribusi t maka diambil nilai 60) Nilai ttabeldari dk = 60 adalah 2,02 dan 5,756 yang berarti thitung > ttabel,Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga “ ada perbedaan yang signifikan antara pendekatan konstruksivisme dan selain menggunakan pendekatan konstruksivisme terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis materi peran pelaku ekonomi pada siswa kelas XAKL SMKN2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020