Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui motivasi belajar mata pelajaran Prakarya sebelum dilakukan penanaman sikap dan perilaku kewirausahaan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) untuk mengetahui motivasi belajar mata pelajaran Prakarya setelah dilakukan penanaman sikap dan perilaku kewirausahaan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan penanaman sikap dan perilaku kewirausahan pada mata pelajaran Prakarya siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu One Group Design. Tempat penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 36 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Sample Jenuh. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes.
Berdasarkan hasil belajar nilai siswa menunjukkan nilai rata-rata 66,5 sebelum dilakukannya penanaman sikap dan perilaku kewirausahaan dan nilai rata-rata 78 setelah dilakukannya penanaman sikap dan kewirausahaan, berdasarkan analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = nilai = 2,021 dan = 53,636 maka > yang berarti ditolak dan diterima. Sehingga “ada perbedaan motivasi belajar siswa sesudah dilakukannya penanaman sikap dan perilaku kewirausahaan pada mata pelajaran Prakarya siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020â€.