DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA SMAN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Rahayu, Nyonik Rahayu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-01-25 10:50:53 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa dengan menggunakan metode Konvensional. 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Model Point Counterpoint. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa dengan menggunakan metode konvensional dengan Strategi Pembelajaran Aktif Model Point Counterpoint. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 2 Nganjuk Tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMAN 2 Nganjuk sebanyak 1.067 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI IPS2 dengan jumlah 34 siswa dengan mengambil sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil tes siswa menunjukkan nilai rata-rata pre tes 71 dan post test 83,5 Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 33 tTabel = 1,69236 dan tHitung = 10,702, maka tHitung > tTabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Model Point Counter Point terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa SMAN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk