DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Media Pembelajaran Word Square Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pertumbuhan Ekonomi di SMA Negeri 1 Rejoso KabupateN Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Muthoharoh, Nik Matu Nuril
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-01-26 09:10:15 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pertumbuhan ekonomi di SMA Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020 yang diajar tidak menggunakan media pembelajaran word square, 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pertumbuhan ekonomi di SMA Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020 yang diajar menggunakan media pembelajaran word square, 3) untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi pertumbuhan ekonomi di SMA Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020 yang diajar tidak menggunakan media pembelajaran word square dan yang diajar menggunakan media pembelajaran word square. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 104 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS 3 sejumlah 26 siswa dan XI IPS 4 sejumlah 26 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknis analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata - rata post test 78,18 untuk kelas kontrol dan nilai rata – rata post test 85,48 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 68 nilai ttabel = 2,000 dan thitung = 5,214, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa antara yang menggunakan media pembelajaran word square dan yang tidak menggunakan media pembelajaran word square pada mata pelajaran ekonomi materi pertumbuhan ekonomi di SMA Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020”. 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk