DETAIL DOCUMENT
STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN PBL(PROBLEM BASED LEARNING) DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII MTS AL KARIM DESA SENGGOWAR KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Nganjuk
Author
Subekti, Agus
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-02-03 09:13:21 
Abstract :
Agus Subekti. 201610300920. Studi Komparatif Model Pembelajaran PBL(Problem Based Learning) dan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII MTs Al Karim Desa Senggowar Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Nganjuk, Juli 2020. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk Mengetahui hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas VIII MTs Al Karim Senggowar Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning), 2) untuk Mengetahui hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas VIII MTs Al Karim Senggowar Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry, 3) untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas VIII MTs Al Karim Senggowar Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Model Pembelajaran Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan model pembelajaran Inquiry. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah MTs Al Karim Desa Senggowar Kabupaten Nganjuk. Populasi penelitian yaitu kelas VIII dengan jumlah keseluruhan 96 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII - A sejumlah 32 siswa dan kelas VIII - B sejumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis (essay) dan dokumentasi. Kelas VIII - A sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan kelas VIII - B sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerpakan model pembelajaran Inquiry. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganilisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nili rata-rata pre-test 70,75 dan post-test 78 untuk kelas eksperimen 1 yang berarti baik, sedangkan nilai rata-rata pre-test 71,06 dan post test 86,25 untuk kelas eksperimen 2 yang berarti baik juga. Dan berdasarkan hasil analisis data statistik pada taraf signifikasi 5% nilai ttabel = 1,99 dan thitung = 5,232, maka thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa "terdapat perbedaaan hasil belajar antara yang menggunakan model PBL(Problem Based Learning) dan yang menggunakan model Inquiry pada materi Bangun Ruang kelas VIII MTs Al Karim Desa Senggowar Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020". 

Institution Info

STKIP PGRI Nganjuk